Home Palembang Sepeda Nusantara Moment Jitu Galakan Bersepeda ke Kantor

Sepeda Nusantara Moment Jitu Galakan Bersepeda ke Kantor

284
0

2.000 Peserta akan Ramaikan Sepeda Nusantara

PALEMBANG,– Pemerintah Kota (Pemkot)Palembang melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Palembang telah mematangkan program nasional Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora ) Republik Indonesia (RI) tahun 2018 “Sepeda Nusantara”.

Program nasional yang mengusung tema “Indonesia Membangun” yang dipercayakan kepada 70 kota dan kabupaten di Indonesia ini, di manfaatkan Pemkot Palembang menjadi ajang untuk menggalakan warganya mengunakan alat transportasi murah meriah tersebut sebagai alat transportasi sehari hari untuk aktivitas ke tempat kerja guna mengurangi volume kendaraan.

“Provinsi Sumatera Selatan hanya Palembang dan Kota Pagar Alam yang dipercayakan untuk menyelengarakan Sepeda Nusantara tersebut,” jelas Kepala Dispora Kota Palembang Ahmad Zazuli, Senin (10/9/2018) saat dibincangi di ruang kerjanya.

Kegiatan olahraga untuk mendobrak fisik masyarakat dengan gemar bersepeda ini kata Zazuli, akan mengambil jarak tempuh sejauh 23 Km, dengan rute start awal di Benteng Kuto Besak (BKB) – melintasi jalan Merdeka – Kapten A Rivai – Simpang Charitas – Sudirman melintasi  Jembatan Ampera menuju Jakabaring dan kembali ke BKB Palembang.

“Sepeda Nusantara ini akan digelar 20 Oktober mendatang,” katanya.

Kegiatan Sepeda Nusantara yang telah dimulai sejak Mei lalu dengan mengambil ibu kota Jakarta menjadi kota awal penyelengaraan ini, diungkapkannya, sempat terhenti sejenak lantaran bertepatan dengan bulan suci Ramadhan dan event skala internasional Asian Games belum lama ini.

“Kita inginnya Sepeda Nusantara ini, menjadi titik balik kegemaran warga Palembang untuk bersepeda, dan meningkat berpeseda ini bisa menjadi aktifitas ke kantor yang dimulai dari pimpinannya yang akan diikuti bawahannya, nanti akan kita coba mulai dari lingkungan Pemkot Palembang,” tegasnya.

Tahun sebelumnya, kegiatan yang serupa juga dilakukan dengan tema Gowes Nusantara yang mengambil empat penjuru Indonesia mulai dari Indonesia Baray, Sabang Timur, Merauke dan Utara yang titik temu di Megelang.

“Intinya Sepeda Nusantara ini ini etapenya untuk kota yang memiliki pembangunan spektakuler, dan Kota Palembang salah satunya,” jelasnya.

Targetkan 2.000 Peserta

sambung Zazuli, untuk menyemarakan Sepeda Nusantara ini, pihaknya mengajak masyarakat Kota Palembang untuk turut andil dengan cara mendaftarkan diri ke Dispora Kota Palembang di jalan Dr Wahidin no 3 atau bisa melalui online melalui https://goo.gl/forms/PbbYqhRGhgR5aW8t1
Pendaftaran Online Sepeda Nusantara 2018 Etape Palembang.

“Kita targetkan ada 2.000.peserta yang ikut dalam Sepeda Nusantara itu nanti,” katanya.

Untuk mencukupi target peserta ini, pihaknya mengandeng setiap komunitas sepeda yang ada di Kota Palembang.

“Sosialisasi sudah kita lakukan dengan cara memasang baliho berbagai ukuran di setiap persimpangan di Kota Palembang, dan sudah ada 350 peserta yang mendaftarkan diri melalui online,” jelasnya.

Direncanakan Sepeda Nusantara ini akan langsung dihadiri Kapolri Tito Karnavian, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Komisi X Dapil Sumsel, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Raden Isnanta.

“Nanti juga akan ada doorprize yang menarik,” tutupnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here