Home Palembang Dishub Non-Aktifkan Bus Kota Hingga 5 September

Dishub Non-Aktifkan Bus Kota Hingga 5 September

101
0

 

PALEMBANG – Guna mengurangi angka kemacetan di jalan protokol selama perhelatan Asian Games 18 Agustus mendatang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang melarang adanya aktivitas bus kota dari tanggal 10 Agustus hingga 5 September 2018.

Hal ini tertuang pada surat edaran Pemerintah Kota Palembang 276.2/001253/Dishub/2018 tentang larangan operasional bus kota selama Asian Games, maka dipastikan hingga 5 September mendatang Palembang zero bus kota.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang, Kurniawan mengatakan, menindaklanjuti arahan gubernur untuk menyiapkan sarana dan prasarana persiapan selama Asian Games berlangsung maka sebagai tuan rumah wajib memberikan transportasi bertaraf internasional.

Pihaknya mencatat tersisa 20an bus kota yang masih operasional di Kota Palembang lantaran bus tersebut masih memiliki izin trayek.

‚ÄúPengaturan ini, hanya berlaku untuk bus kota saja, sedangkan angkot kecil tetap beroperasional. Kami minta dicutikan dulu, dan ini sifatnya sementara selama Asian Games sekitar 26 hari saja,” katanya, Jumat (10/8/2018).

Bahkan hal ini juga mengacu kepada peraturan daerah (Perda) No 14 Tahun 2011 mengenai Penyelenggaraan Transportasi di mana harus ada peremajaan kendaraan yang sudah berusia 10 tahun.

Sedangkan untuk bus kota berdasarkan perwali 2008 ditegaskan tidak akan ada peremajaan untuk bus kota.

“Kita menyosialisasikan edaran ini kepada pengusaha dan pemilik bus untuk tidak mengoperasionalkan bus kota mulai 10 Agustus hingga 5 September nanti,” katanya.

Menurutnya, bus yang tersisa ini masih memiliki izin trayek hingga November mendatang. Dia mengaku, pihaknya sudah menawarkan kepada pengusaha bis kota untuk menyiapkan bis kota dengan fasilitas yang sama dengan bus rapid transit transmusi seperti ruangan AC.

Namun, hingga saat ini belum ada pengajuan untuk penyediaan bus baru tersebut. Bus juga tidak boleh yang telah direkondisi maupun direnovasi.

“Seluruh bus di Palembang memang sudah selayaknya diremajakan. Karena memang dalam aturan, 10 tahun beroperasi harus dilakukan peremajaan,” tukasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here