Home Palembang Ini Dia Pelayanan Baru Milik Pemkot Palembang

Ini Dia Pelayanan Baru Milik Pemkot Palembang

93
0

 

PALEMBANG,- Tidak lama lagi Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan memiliki layanan 112.

Terobosan baru yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Palembang untuk layanan masalah gawat darurat ini dalam waktu dekat akan segera di lauching.

Kepala Diskominfo Kota Palembang H M Yanuarpan Yany berharap layanan tersebut dapat memberikan kemudahan bagi maayarakat untuk mengakses bantuan.

“Layanan yang berorientasi pada pengaduan masyarakat pada kegawatdaruratan ini seperti medis, kebakaran, keamanan, kecelakaan, bencana, dan kasus kegawatdaruratan lainnya,” ungkapnya, Jumat (4/5/2018).
Saat ini, katanya sudah dilakukan rapat rencana penerapan layanan Palembang Siaga 112.

“Saya kira layanan ini sangat penting, karena Palembang sudah kota metropolitan dan termasuk kota internasional sehingga sudah seharusnya ada layanan ini. Di samping itu juga dipersiapkan untuk even Asian Games Agustus mendatang,” ujarnya.

Yanuarpan menegaskan, layanan darurat ini sudah diverifikasi oleh pihak Kementrian Kominfo.

Saat ini pihaknya sedang mempersiapkan operator yang akan mengelola layanan ini.

Untuk tim teknis ada 4 orang, supervisor 3 orang dan operator 12 orang.

“Semuanya kita matangkkan terlebih dahulu, seperti operator akan dilatih untuk bisa berbahasa inggris dan sebagainya. Insya Allah setelah lebaran dilaunching dan layanan ini tentunya gratis,” jelasnya.

Yanuarpan menyebutkan, saat ini sudah ada 10 kota yang menjadi pilot project layanan siaga 112 ini dan enam kota yang mandiri.

“Ya mudah-mudahan dengan adanya layanan siaga 112 ada kejadian gawat darurat baik kesehatan, kecelakaan dan sebagainya bisa diatasi dengan sigap dan cepat,” tegasnya.

Sementara itu Dirjen PPI (Penyelenggaraan Pos dan Informatika), Ahmad M Ramli menjelaskan, layanan ini merupakan panggilan darurat 112 yang akan diterapkan di Palembang.

Hal ini dirasa penting untuk meningkatkan kewaspadaan terkait lingkungan sekitar.

“Layanan ini sudah diterapkan di Indonesia dan terkonekting untuk seluruh layanan seperti kesehatan, dinas kebakaran dan lain sebagainya. Palembang saya kira sudah seharusnnya menerapkan layanan ini, karen selain memberikan kemudahan layanan ini cepat dan praktis,” katanya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here