Home Nasional Kunjungi Command Center Polda Jatim, Akhmad Najib akan Tambah CCTV Lawang Jabo...

Kunjungi Command Center Polda Jatim, Akhmad Najib akan Tambah CCTV Lawang Jabo Palembang

131
0

JAWA TIMUR-, Pejabat sementara (Pjs) Walikota Palembang Akhmad Najib bersama Kapolda Sumatera Selatan Zulkarnain melakukan kunjungan ke Command Center Polda Jawa Timur, Minggu (4/3/2018).

Kunjungan ini dalam rangka melihat langsung penerapan Command Center di Polda Jawa Timur untuk selanjutnya akan diterapkan di Polda Sumatera Selatan maupun Kota Palembang dalam rangka menyambut Asian Games 2018.

“Kita sudah melihat langsung aktivitas command center disini, cukup bagus, bisa kita contoh untuk pengembangan command center di Palembang,” ungkap Akhmad Najib.

Akhmad Najib mengatakan, sebagai tuan rumah Asian Games Pemerintah kota Palembang juga telah memiliki Command Center Lawang Jabo.

“Tingal nanti command center yang sudah kita miliki akan terus dikembangkan, akan kolaborasi dengan kepolisian, dengan menambah titik-titik CCTV di sudut Kota Palembang, sehingga Palembang akan terpantau melalui command center,” tegasnya.

Akhmad Najib menambahkan, sebagai kota penyelenggara Asian Games dengan berbagai fasilitas yang dimiliki, Palembang membutuhkan penataan kota yang baik.

“Seperti intermoda transportasi LRT, harus terintegrasi dengan transportasi lainnya, dengan demikian memerlukan pengawasan yang intens, dengan command center akan mempermudah kerja kita,” tegas Najib.

Sementara itu Bidang TI Polda Jawa Timur, Kombes Pol Sigit Dedy Purwadi, menjelaskan, dengan adanya command Center yang dimiliki Polda Jatim, komunikasi antar Polres jajaran Polda Jatim berjalan dengan baik.

Bahkan, penyebaran command center sudah sampai pada Polres jajaran Polda Jatim.

Bidang TI terus mendukung dan memfasilitasi anggota di lapangan untuk melakukan video conference secara langsung dan terhubung dengan Command Center Polda Jatim.

“Pada momen Pilkada 2018, petugas maupun anggota di lapangan bisa melakukan live report (laporan langsung) dengan video streaming, dan memberitahukan situasi keamanan pada proses maupun pentahapan Pilkada serentak di Jatim,” kata Sigit Dedy Purwadi.

Dijelaskan Sigit, Bid TI mempunyai peralatan-peralatan yang bisa digelar dilokasi kampanye.
Jadi, pihaknya bisa melihat langsung, bisa merekam langsung kejadian di lokasi dengan fungsi control dari command center.

Dengan melalui video live streaming, command center bisa memantau situasi dan kondisi selama berlangsungnya kampanye.

Tujuannya nanti supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga pelaksanaan pentahapan Pilkada berjalan dengan lancar, aman dan baik.

Untuk keamanan, Sigit menjelaskan, Polri bertanggungjawab mengamankan setiap kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, tidak hanya momen Pilkada.

Adanya Command Center Polda Jatim beserta Polres jajaran, merupakan bukti pelayanan Polri terhadap masyarakat.

“Tidak hanya pada momen Pilkada saja, masyarakat bisa melaporkan setiap kejadian atau tindak kriminalitas kapan pun dan dimana pun. Bisa melalui call center 100, pelayanan via aplikasi PolisiKu atau melalui Panic Button yang ada ditiap-tiap Polres. Pelayanan Polri tersebut bertujuan untuk memastikan kecepatan respon laporan masyarakat yang kita lihat. Serta memberitahukan bahwa harus segera ditangani. Polda Jatim bisa memantau itu melalui Command Center,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here