Home Palembang Rumah Dibedah Pemkot Palembang, Heriyanto Teteskan Air Mata

Rumah Dibedah Pemkot Palembang, Heriyanto Teteskan Air Mata

263
0

1000 Rumah akan Dibedah

PALEMBANG, – Keinginan Heriyanto warga Gang Malaya Kelurahan Tuan Kentang Kecamatan Jakabaring memiliki rumah layak huni untuk keluarganya terwujud sudah.

Air matanya pun tak terbendung, ketika melihat rumahnya yang nyaris roboh kini berubah menjadi kokoh dan cantik minimalis.

“Saya tidak bisa berucap, hanya ucapan terimah kasih yang bisa saya berikan,” katanya, Rabu (31/1/2018) saat serah terima rumahnya dari Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda.

Idaman memiliki rumah yang layak huni, bagi Heriyanto tidak terbersit dipikirannya, lantaran dari hasilnya upah sebagai buruh harian lepas pun tidak mencukupi untuk kebutuhan keluarganya.

“Saya berjanji akan merawat rumah ini dengan sangat baik,” katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, bedah rumah bagi warga yang kurang beruntung untuk menjadi rumah layak huni, menjadi prioritasnya.

Setidaknya, tahun ini bedah rumah kembali akan dilakukan dengan target rumah yang akan dibedah sebanyak 1000 rumah yang tersebar di kecamatan Kota Palembang.

“Program bedah rumah untuk menjadi rumah layak huni dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR),” jelasnya.

Nah, pendanaannya, dari Dinas
PU PR ada dua sumber dana yakni APBD dan APBN.

“Dianggarakan sekitar Rp13 miliar untuk pembedahan 600 an rumah. Sementara dari APBN ada sekitar Rp 5 miliar untuk 400 an rumah. Dan bantuan tiap rumah itu berbeda, tergantung luas lahan. Dan sejak 2014 lalu ada sekitr 4000 an rumah yang telah dibedah,” terangnya.

Bagi warga yang memang memenuhi syarat untuk rumahnya di beda, katanya cukup melampirkan surat kepemilikan tanah milik pribadi yang diketahui aparat desa setempat, KTP dan KK.

“Nantinya ada tim peninjau. Yang mana memang tak layak huni maka akan diberikan bantuan,” tambahnya.

Senada, Ketua Baznaz Saim Marhadan menambahkan, pada 2017 lalu ada lima rumah yang dibedah dan pada 2018 ini pihaknya menargetkan lebih dari lima rumah lagi yang akan dibedah.

“Sumber dana kita itu dari zakat baik ASN maupun masyarakat umum. Dan syaratnya pun sama seperti program Dina PU PR,” sambungnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here