Home Nasional Dana Hibah IPAL Sebesar $ 45 juta Dollar Austarlia Sudah Bisa Dicairkan

Dana Hibah IPAL Sebesar $ 45 juta Dollar Austarlia Sudah Bisa Dicairkan

423
0

 

PALEMBANG, – Walikota Palembang H. Harnojoyo dan Direktur Pembiayaan dan Dana Transfer Non Dana Perimbangan Kementerian Keuangan Ubaidi Socheh Hamidi, Rabu (24/1/2018) melakukan penandatanganan penerusan hibah pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Sei Selayur Kecamatan Kalidoni Palembang.

Penandatangan sebagai bentuk penerusan pembangunan IPAL hibah dari Pemerintah Australia ini dilakukan di gedung Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia Jakarta Pusat.

“Sudah bisa dicairkan, sesuai perjanjian pencairan dilakukan secara bertahap selama empat tahun hingga 2021, dengan demikian pembangunan IPAL Sei Selayur bisa berjalan lancar tanpa ada kendala masalah dana,” kata Direktur Pembiayaan dan Dana Transfer Non Dana Perimbangan Kementerian Keuangan Ubaidi Socheh Hamidi.

Dana hibah sebesar $ 45 juta dollar Australia atau setara Rp 450 Milyar ini ditransfer Pemerintah Australia melalui Kementerian Keuangan dan selanjut bisa dicairkan Pemkot Pelembang secara bertahap hingga tahun 2021 mendatang untuk proyek pembangunan pengentasan limbah rumah tangga tersebut.

“Alhamdulliah akhirnya pengerjaan bisa berjalan lancar dengan adanya penandatanganan ini,” tegasnya.

Sementara itu, Walikota Palembang H. Harnojoyo mengatakan, saat ini pengerjaan IPAL di Sungai Selayur sudah mencapai 45 persen sejak groundbreaking 2 Nopember 2017 lalu.

“Selama pengerjaan IPAL Sungai Selayur ditalangi dulu mengunakan dana APBD Pemerintah kota Palembang,” ungkap Harnojoyo.

Penandatangan yang dilakukan, artinya kata orang nomor satu di pendanaan tidak akan lagi menjadi kendala.

“Dengan penandatanganan perjanjian penerusan hibah makan akan memperlancar proses pembangunannya,” kata Harnojoyo.

Sementara itu, Deputi Director Water Sanitation KIAT Jim Covcovvinis, sangat suport kinerja Pemkot Pembang yang berkomitmen ingin memiliki IPAL yang baik untuk mengentaskan masalah limbah yang ada.

“Progresnya, ini menunjukkan Palembang sangat komitmen terhadap pengelolaan air limbah di kotanya,” kata Jim.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Palembang Saiuful menjelaskan, pembangunan IPAL Sei Selayur ditargetkan selesai tahun 2021 dan 2022 memasuki tahap pemasangan sambungan ke rumah warga.

“Ada 22 ribu rumah yang akan dipasang IPAL ini, tahun 2022 sudah pemasangan di rumah-rumah warga, dimulai dari pemukiman pusat kota, jalan Sudirman, Slamet Riyadi, Yosu Sudarso, Martadinata, Mayor Zen, dan jalan Sutami,” jelas Saiful.(*)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here