Home Nasional Kota Palembang, Kota HAM

Kota Palembang, Kota HAM

256
0

 

SOLO – Kota Palembang berhasil meraih penghargaan kabupaten/ kota peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2017.

Penghargaan yang langsung diserahkan Menteri Hukum dan Hak Azazi Manusia ( HAM) RI Yasonna Laoly kepada Walikota Palembang H. Harnojoyo melalui Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang Drs.H K.Sulaiman Amin M.Si, Minggu (10/12/2017) di Solo bersamaan 83 kabupaten/kota se-Indonesia, yang bertepatan puncak peringatan HAM ke -69.

“HAM hak mendasar yang dimiliki setiap warga negera,” kata Sulaiman.

Penghargaan yang telah dicapai tersebut, tegas Sulaiman, menunjukan Kota Palembang peduli dengan hak mendasar yang dimiliki menusia sejak lahir.

“Hal ini juga salah satu Visi Misi Palembang EMAS 2018 untuk memberikan hak pelayanan yang baik dari semua aspek kehidupan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly mengatakan,pemerintah terus berkomitmen dalam upaya pemajuan dan pemenuhan HAM yang telah di amanatkan dalam konstitusi dan instrumen HAM internasional ‘ini bisa dilihat hasil dialog Universal periodic Review (UPR) yang telah di laksanakan pada awal Mei lalu.

“Komitmen pemerintah lainnya adalah pelaksanaan rencana aksi Nasional Hak asasi Manusia (RANHAM),sebagimana diketahui Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai komitmen tinggi terhadap melanjutkan RANHAM 2015-2019 yang sudah memasuki generasi ke -4,” ungkapnya.

RANHAM adalah adalah paduan nasional dalam upaya pemajuan dan pemenuhan HAM bagi masyarakat Indonesia,untuk tahun 2017 aksi HAM didaerah hingga saat ini mencapai 52.26%.

“Diharapkan di akhir tahun ini pemerintah daerah dapat mempercepat pelaksanaan aksi HAM hingga mrncapai 100%,” jelasnya.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here