Home Palembang Sekarang Perekaman KTP- e dan Pembuatan Akte Kelahiran Bisa di Mall

Sekarang Perekaman KTP- e dan Pembuatan Akte Kelahiran Bisa di Mall

510
0

PALEMBANG, – Masyarakat Kota Palembang kini tidak perlu lagi mengantre di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk merekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP- e )dan pembuatan Akte Kelahiran.

Pasalnya, pelayanan itu kini sudah bisa ditemukan di mall , khususnya Palembang Square (PS) Mall terhitung 13 November sampai 24 November mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Pencatatan Sipil Disdukcapil Kota Palembang, Siti Fauziah mengatakan, pelayanan yang dilakukan di mall guna pencapaian target secara nasional sehingga kedepannya tidak ada lagi warga yang tidak memiliki akte kelahiran.

“Target nasional untuk pembuatan akte kelahiran ini sudah kita capai dengan raihan 88,66 persen. Jadi yang belum memiliki akte kelahiran ini tinggal 11,33 persen lagi,” katanya, Senin (6/11/2017)

Selama ini, pelayanan serupa juga pernah dilakukan di mall pada tahun sebelumny.

“Kita buka dilantai 3 PS Mall mulai puk 10.00 WIB -17.00 WIB. Dengan melayani tidak hanya pembuatan akte kelahiran saja, melainkan juga perekaman KTP-e, tempat pelayanan di PS Mall ini kita diberikan pihak management PS gratis selama pelayanan tersebut” katanya.

Selama ini pelayanan yang serupa juga telah dilakukan langsung bersentuhan dengan masyarakat pada saat gotong royong yang dilakukan setiap hari minggu.

“Pada saat gotoong royong kita juga membuka pelayanan,” katanya.

Siti menghimbau, warga yang ingin ke mall khususnya ke PS Mall agar memanfaatkan program tersebut.

“Masyarakat yang anaknya maupun keluarganya belum memiliki akte kelahiran, ayo manfaatkan kesempatan ini. Silahkan datang dan daftarkan segera agar segera memiliki akte kelahiran,” jelasnya.

Adapun syarat-syarat untuk mengurus akte kelahiran yakni, kartu keluarga (pada kk nama anak/bayi sudah ada di dalam kk), KTP orang tua, buku nikah/akta nikah, surat keterangan lahir dan ijazah bagi yang sudah ada.

Bahkan persyaratan pembuatan akte kelahiran ini semakin dipermudah dengan tidak perlu lagi menyantumkan bukti lunas PBB.

“Kalau syarat diatas sudah lengkap langsung kita proses, dalam waktu 10 hari sudah selesai dan bisa langsung di ambil di PS juga, kecuali untuk pembuatan akte kelahiran di hari hari terakhir, untuk mengambilnya silahkan ke kantor kita” terangnya.

Fauziah menjelaskan, langkah langkah yang dilakukan dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan ini, sebagai upaya jemput bola yang dilakukan pihaknya untuk mendekatkan masyarakat yang ingin melengkapi administrasi kependudukan seperti akte kelahiran.

Dengan jangkauan usia pembuatan akte kelahiran dari 0 bulan sampai usia 18 tahun dan diatas 18 tahun atau yang sudah dewasa tapi belum memiliki akte kelahiran.

“Sekali lagi, semua pelayanan yang kita buka ini semuanya gratis tidak dipungut biaya sedikitpun. Jadi tidak ada alasan lagi masyarakat tidak memiliki akte kelahiran karena tidak punya uang untuk membuatnya,” tukasnya.

Hanya saja Fauziah mengakui, untuk lebih mendekatkan lagi pelayanan kepada masyarakat, pihaknya membutuhkan sarana seperti mobil keliling untuk menjangkau wilayah pelosok dan pinggiran Kota Palembang.

Yang mana, pihaknya dapat memberikan pelayanan dari satu tempat ke tempat lainnya. Hanya saja sampai saat ini pengadaan mobil keliling tersebut belum bisa terealisasi

“Masyarakat yang berada di pinggiran kota dengan akses transportasi yang sedikit sulit bisa membuat KTP-e dan juga akte kelahiran di mobil keliling itu. Semoga kedepannya kita bisa mendapatkan mobil keliling itu agar kita bisa meningkatkan lagi pelayanan kepada masyarakat dengan menjangkau wilayah wilayah yang sulit dimasuki kendaraan biasa ” ulasnya.(ria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here