Home Palembang Mewarnai Dapat Melatih Motorik Anak Mengenal Jumlah Warna  

Mewarnai Dapat Melatih Motorik Anak Mengenal Jumlah Warna  

385
0

PALEMBANG, – Ribuan anak-anak yang terdiri dari siswa TK-PAUD se-Kota Palembang mengikuti festival mewarnai dan kolase kids & mom road show tingkat Kecamatan se-Kota Palembang.

Didampingi para orang tua, festival mewarnai ini berlangsung meriah di Balai Kecamatan Kalidoni, Ju’mat (24/11).

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan, membangun kreativitas anak melalui kegiatan mewarnai memiliki banyak manfaat, selain melatih kemampuan motorik anak dalam beraktivitas.

 “Selain sebagai media berekspresi kegiatan mewarnai terutama mewarnai bidang kosong merupakan cara bagi si kecil untuk mengungkapkan perasaaan dirinya. Melalui gambar yang dibuatnya dapat terlihat apa yang sedang dirasakannya, apakah itu perasaan gembira atau perasaan sedih,” ungkap Fitri saat meberikan sambutan.

Fitri mengatakan, aktifitas mewarnai dapat membantu meningkatkan kerja otot tangan pada anak. Kemampuan motorik tersebut sangat penting dalam perkembangan anak, seperti halnya mengetik, ataupun mengangkat benda.

“Dalam kegiatan ini, mereka bisa mengenal perbedaan warna hal ini juga dapat mempermudah anak memadukan warna sehingga membantu anak untuk terus berkreasi,”jelas Fitri.

Lanjutnya, mewarnai ternyata dapat melatih anak konsentasi, yang mana ketika anak sedang melakukan kegiatan mewarnai, anak tersebut tidak mudah teralihkan dan tetap fokus.

Kemampuan konsentrasi ini sangat berguna bagi anak dalam menyelesaikan tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti matematika.

Sementara itu Ari Wijaya Camat Kalidoni menambahkan jika mewarnai membutuhkan kerjasama yang baik antara mata dan lengan, mulai dari cara menggenggam crayon, memilih warna, hingga menajamkan warna. Kemampuan ini sangat penting untuk anak, pasalnya saat anak mewarnai, mereka akan peduli dengan garis batas yang ada dihadapannya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilanjutkan kembali karena kegiatan ini sangat positif,” tutupnya. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here