Home Palembang Walikota Harapkan Kebiasaan Cuci Tangan Jadi Kebudayaan Masyarakat

Walikota Harapkan Kebiasaan Cuci Tangan Jadi Kebudayaan Masyarakat

211
0

PALEMBANG, – Kebiasaan mencuci tangan dengan menggunakan sabun khususnya setelah beraktifitas ataupun sebelum beraktifitas sudah seharusnya menjadi kebiasaan yang membudidaya dalam kehidupan masyarakat.

Sebab, dengan mencuci tangan menggunakan sabun akan sangat efektif membunuh kotoran dan kuman penyakit yang menempel pada manusia.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Palembang, Harnojoyo saat saat memperingati hari Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, yang diikuti ribuan pelajar SD dan SMP sekota Palembang, yang dilaksanakan di Kambanh Iwak (KI) Palembang, Rabu (18/10/2017)

Menurut Harno, perilaku mencuci tangan pakai sabun terlihat sederhana, namun sebenarnya banyak memiliki manfaat yang luar biasa.

Dimana ini bisa menghindarkan masyarakat dari beberapa penularan penyakit seperti diare, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), flu burung dan penyakit infeksi lainnya.

“Gerakan cuci tangan diharapkan menjadi sebuah kebiasaan dan membudaya dalam kehidupan sehari-hari sebagai bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” katanya.

Menurut Harno, ada lebih kurang 500 jiwa manusia meninggal karena pola hidup tidak sehat.

Maka untuk itu, dengan adanya gerakan ini, Harno pun juga berharap semua masyarakat Kota Palembang hidup secara sehat.

“Khususnya untuk generasi muda yakni anak-anak siswa kita ini,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu juga Harno mengajak semua siswa dan guru untuk memungut sampah yang ada disekitar lokasi, agar tempat yang ditinggalkan terlihat bersih.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan yang dilaksanakan tersebut tidak hanya sebagai seremoni saja, namun akan dilaksanakan secara rutin

“Saya mengajak semua yang ada di sini untuk operasi semut. Sukses acara apabila tempat yang kita tinggal bersih seperti semula. Mari ubah pola hidup kita, menjadi hidup sehat. Dan biasakan sebelum makan harus mencuci tangan terlebih dulu,” pungkasnya.( ria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here