Home Palembang Tugu Belido Dipasang Ornamen Motif Songket

Tugu Belido Dipasang Ornamen Motif Songket

676
0

 

– Progres Pembangunan Capai 95%

PALEMBANG, -Untuk menonjolkan kerajinas khas Palembang, pondasi Tugu Belido dipasang ornament motif songket.

Hingga saat ini pembangunan Tugu Belido terus dikebut bahkan progress pembangunan patung ikan belida ini sudah mencapai 95 persen.

Menurut Stephanus Alvin, Project Manager Pembangunan Tugu Belido, saat ini masih tahap pengecatan dan mengukir pondasi dengan ornamen motif kain songket.

Dipilihnya ornamen tersebut sambung Alvin, karena Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang ingin menonjolkan kain khas kota pempek ini.

“Sekarang tinggal finishing, kita membuat ornamen dari kain songket dengan tujuan menampilkan khas kota Palembang. Mudah-mudahan minggu ini selesai dan kita berharap Tugu Belido menambah icon baru untuk kota Palembang,” ujarnya

Sebelumnya kata dia, Tugu Belida yang berada di plaza Benteng Kuto Besak (BKB) ini harusnya berdisi dengan ketinggian 9 meter, namun karena ada perubahan dari pemkot Palembang akhirnya tinggi tugu mencapai 5 meter dengan panjang 12 meter.

“Sekarang kita masih mengerjakan motif pondasi dan melapisi ikan dengan perak.

Disinggung mengenai kekuatan pondasi, pihaknya mengatakan aman karena Tugu Belido ditopang oleh 12 titik tiang pondasi yang sebelumnya hanya empat.

“Rencana empat titik, tapi setelah itu ada perubahan sesuai kajian bersama tim Unsri untuk menambah lebih banyak pondasi agar lebih kuat, karena tubuh ikan belido ini dari bahan dasar baja yang berat.

Sementara itu untuk semburan air dari pompa 50 meter, tetapi dari mulut sampai ke sungai hanya  20 meter.

“Hitungannya jadi 50 meter dari sirkulasi menarik air dari sungai Musi dan menyemburkan kembali,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya pembangunan Tugu Belido terus dikebut.

Rencananya ikon baru wisata di Kota Palembang ini, akan dilaunching pada 13 Agustus mendatang.

Sebelumnya pembangunan sempat terkendala karena adanya pergeseran lokasi pembangunan.

“Ada perubahan lokasi, karena lokasi awal itu disebut masuk cagar budaya. Karena ada perubahan, jadi kita sempat terhenti pengerjaannya dua bulan. Karena, untuk pindah lokasi itu butuh waktu untuk mengecek kondisi tanah. Tapi, sekarang sudah tidak ada kendala lagi,” jelas Alvin.

Alvin menambahkan, karena pembangunan tugu ini dari dana corporate social responsibility (CSR) PTBA sebesar Rp 3,3 miliar, maka nanti di tugu juga akan dibuat lambing PTBA.

. “Karena ini memakai dana CSR PTBA,” ujarnya.

Sebelumnya, Walikota Palembang, H Harnojoyo, mengatakan, dengan adanya tugu belido ini, diharapkan akan menjadi ikon baru wisata untuk Kota Palembang.

“Ikon baru ini kami pastikan akan sangat luar biasa. Seperti Merlion Park yang ada di Singapura, kalau di Palembang menggunakan ikan belido, akan menyemprotkan air dari mulutnya mengarah ke sungai musi sepanjang 50 meter,” tukasnya. (Ria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here