Home Palembang Lorong Basah, Wajib untuk Kue Unik Khas Palembang

Lorong Basah, Wajib untuk Kue Unik Khas Palembang

768
0

 

PALEMBANG,- Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pariwisata ingin memberikan kesan tersendiri untuk lokasi pedagang kuliner di jalan Sentot Ali Basah atau Lorong Basah di Pasar 16 Ilir Palembang.

Lorong Basah yang kini dipasang Awning tepat dilokasi jalan di tersebut terus dilakukan pembangunannya, hingga saat ini pembangunannya telah mencapai 70 persen.

” Pembangunan awning sedikit lagi selesai hanya menyelesaikan pemasangan pipa air,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani, Minggu (20/8/2016).

Pembangunan oleh PD Pasar Palembang Jaya ini, dilokasi kata Isnaini akan mempunyai dua fungsi untuk digunakan pedagang, pada siang hari akan dijadikan sebagai tempat berjualan oleh para PKL dan malam hari akan berubah menjadi wisata kuliner malam.

“Tapi khusus untuk malam itu kita inginkan makanan khas Palembang yang unik dan pastinya enak di lidah,” tegasnya.

Mengapa lokasi Lorong Basah dikhususkan untuk pedagang kuliner, alasannya kata Isnaini selaian Palembang belum memiliki tempat kuliner, pada malam hari kawasan 16 Ilir ini juga sangat sepi aktifitas padahal berdekatan dengan kawasan heritage yang akan menjadi banyak dikunjungi wisatawan.

“Biar malam hari kawasan Pasar 16 menjadi ramai, sebab selama ini setelah pertokoan di pusat retail terbesar di Sumsel ini tutup, tempat ini menjadi cukup sepi dan tak ada aktivitas lain, ” katanya.

Karena ini nantinya sebagai destinasi wisata baru, selain dagangannya unik khas Palembang, tentulah pedagang, kata Isnaini harus menjaga kebersihan lokasi.

” Memang pedagang untuk menempati dilokask itu belum kita data,” ungkapnya.

Selesai pembangunan awning, kata mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja ( Disnaker) Kota Palembang ini, lapak pedagang ini nantinya akan dibuatkan seragam bentuknya.

“Kita juga akan kerja sama dengan Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) supaya memasukkan jadwal kunjungan tamu ke awning,” katanya.

Menurutnya, pihak hotel akan sangat setuju dengn kerja sama itu nantinya, apa pasal, kata Isnaini lagi karena lokasi wisata kuliner sangat dekat sekali dengan Ampera, BKB, Tugu Belido dan Pasar Seni di dekat museum SMB II dan Monpera.

 

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Palembang Jaya, Asnawi P Ratu mengatakan, pihaknya saat ini sedang tahap penyelesaian pemasangan awning Lorong Basah.

Atap setinggi 4 meter telah dipasang dan tinggal menyelesaikan membuatan aliran air di kiri dan kanan dan lantai.

“PKL mendapat bagian siang hari, malam untuk kuliner. PKL sudah setuju dengan awning ini, nantinya setelah pembangunan selesai mereka (PKL) akan membayar iuran Rp11.000 perhari,” tukasnya.(ria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here