Home Palembang Setiap Sudut Palembang akan ada Charger HP

Setiap Sudut Palembang akan ada Charger HP

289
0

PALEMBANG -Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana akan memasang tempat charger handphone yang berasal dari tenaga surya di 50 titik yang ada di ruang publik atau tempat umum di Kota Palembang.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Palembang, Agus Kelana menjelaskan, CV Mulia Cipta Mandiri menawarkan pemasangan alat charger di tempat umum seperti di Benteng Kuto Besak (BKB) dan Kambang Iwak (KI). Dimana alat ini terdiri tiang yang dilengkapi dengan komponen untuk menangkap energi matahari diubah menjadi tenaga listrik.

“Dalam satu tiang terdiri dari tiga colokan listrik untuk mengecas baterai handphone. Selain itu direncanakan disamping charger juga akan dipasang CCTV, sesuai dengan keinginan Pemkot Palembang dalam mewujudkan smart city. Kita bisa memantau tampat keramaian, arus lalu lintas dan lainnya,” jelasnya, usai rapat di Balai Kota Setda Palembang, Rabu (19/7).

Mengingat Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games di 2018 mendatang, lanjutnya, hal ini dinilai sangatlah menarik, oleh sebab itu, Pemkot menyambut baik penawaran tersebut. Terlebih konsep penyediaan alat charger bertenaga matahari di tempatĀ  umum ini merupakan pertama di Indonesia. “Pada prinsipnya kita setuju tapi kita akan tela’ah dulu dan minta persetujuan dari walikota dulu,” imbuhnya.

Agus menambahkan, kedepan hal ini akan segera disiapkan surat perjanjian kerjasama antara pihak pemkot kepada CV Mulia Cipta Mandiri berupa kompensasi pembebasan sewa lahan dan pajak reklame untuk sekian waktu, sebab di pada tiang alat charger tersebut terdapat tempat untuk memasang reklame.

“Gratis, Pemkot Palembang tidak bayar kepada mereka, Itu yang kita perhitungkan berapa tahun kompensasi yang kita bebaskan. Karena keuntungan mereka dari reklame,” terangnya.

Sehingga, dengan pemasangan alat ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik di Palembang. Sebab, pada dasarnya pemerintahlah yang menyediakan sarana publik.

“Umpama habis olahraga kehabisan baterai HP bisa langsung colok disana. Ini gratis untuk masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur CV Mulia Cipta Mandiri, Radius menambahkan, alat charger tersebut porteble, sehingga dapat dipindahkan atau bisa juga dijadikan permanen.

Diketahui, rincian alat tersebut, yakni tinggi keseluruhan 3 meter, bentang lengan 1,6 meter, dan tinggi meja 87 cm dengan mampu menyimpan daya lisrik hingga 6-7 jam. “Untuk sementara ini kami menawarkan 50 titik,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here