Home Palembang Seniman Muda dari Tumang Dibalik Tugu Belido

Seniman Muda dari Tumang Dibalik Tugu Belido

313
0

 

PALEMBANG, – Muhammad Mustafid Ammena menjadi sosok orang penting dibalik pembangunan Tugu Belido di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang yang kini mulai hangat  menjadi perbincangan icon baru  tersebut akan mampu menyaingi patung Merlion di Singapaura.

Sedikit malu-malu dan tertutup, dengan aksen Jawa yang masih sangat kental, pria yang baru melangsungkan pernikahan dua tahun lalu ini bersemangat mengarahakan pekerjanya yang tengah merakit ulang Tugu Belido yang dipotong menjadi tiga bagian saat dibawah dari Boyolali Jawa Tengah ke Kota Palembang.

Pria asal Desa Tumang Kecamatan Cepogo ini mengaku tidak menemui kesulitan untuk membuat tugu Ikan Belido yang mempunyai bobot berat 3 ton yang terbuat dari lempengan tembaga yang kerangka dibuat dari baja.

“Ada Sembilan pekerja kita yang kita bawah dari Boyolali khusus untuk melakukan perakit ulang, lantaran  tidak bisa dimuat dalam truk saat diangkut untuk menuju ke Palembang,’ katanya, Selasa (25/7/2017).

Pengerjaan  yang sudah dimulai tiga bulan di Desa Tumang yang lokasi desa diantara jalan Solo-Solo Borobudur (SSB), Mustafid  memulai membayangkan pekerjaan tugu dengan ukuran besar ini tidak seperti pekerjaan pembuatan tugu pemesanan dari Universitas  Indonesia tugu Garuda, piala dari Universitas Teknologi Bandung dan beberapa karya lainnya yang mengunakan bahan baku tembaga yang terlebih dahulu diselesaikannya.

“Agar mirip dengan aslinya saya berkeliling mencari ikan air tawar ini, dan akhirnya dapat, dan langsung bisa membayangkan bentuk asli ikan asli Sungai Musi ini,’ungkapnya.

Setelah melihat secara utuh bentuk dan kehidupan ikan yang mulai punah ini, dirinya mulai membuat maketnya dari gabus dengan ukuran kecil.

“Dari awal pekerjaan kita selalu konsultasi dengan pihak pemegang proyek,”katanya.

Pria yang kini mempimpin perusahaan Raja Kuningan khusus pembuatan karya seni dari tembaga dan kuningan ini menjelaskan, pekerjaan perakit Tugu Belido mulai dirampunkan, dan diakhir pekan (minggu) Tugu Belido tersebut akan mulai didirikan untuk diletakan diatas pondasi yang telah dibuat.

“Nanti dari mulut ikan akan mengeluarkan air sejauh 50 meter,” katanya.

Sebelum diletakan diatas pondasinya ikan Belido ini akan dilapisi Perak.

“Kalau kita hitung perak yang telah dicampur bahan kimia agar lebih melakat dan menutupi pori-pori lempengan tembaga ini kurang lebih sebanyak enam liter,’ jelasnya.(za)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here