Home Palembang Pemkot Palembang Kembali akan Gelar Nikah Massal

Pemkot Palembang Kembali akan Gelar Nikah Massal

512
0

PALEMBANG, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang  kembali akan menggelar nikah massal tahun ini.

Nikah tersebut untuk warga Kota Palembang yang ingin nikah tetapi tidak memiliki biaya atau juga yang telah menikah namun belum memiliki surat nikah yang sah dimata hukum.

“Kita masih mengkoordinasikan dengan pihak  Pengadilan Agama dulu,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Kota Palembang, Riza Pahlevi, Selasa (4/7).

Kalau tidak ada aral rintangan kata Reza, baru akan digelar pada bulan Agustus sampai Oktober tahun in.

“Kita masih menunggu kepastian dari Pengadilan Agama baru bisa menentukan hari pelaksanaan, sebab peserta nikah massal ini tidak hanya dari kalangan bujang dan gadis, melainkan juga banyak yang telah menikah namun belum tercatat secara resmi oleh negara,” ungkapnya.

Nikah massal  ini, katanya akan dicari darisetiap kecamatan yang ada, hanya saja harus melalui seleksi.

“Yang mau ikut nikah massal harus mengajukan permohonan  dan juga perlu pembuktian dengan menghadirkan sanski pernikahan, wali nikah, dan bukti lainnya,” jelasnya.

Sedangkan syarat untuk pasangan yang belum menikah, untuk menjadi peserta acara ini dilakukan sepertinya halnya pernikahan pada umumnya, yakni mengurus administrasi surat nikah (NA, N1, dsb, red) .

“Datang ke RT lalu ke kelurahan  untuk buat surat pengantar baru kemudian ke Kantor Urusan Agama (KUA). Kalau nikah beda kecamatan harus ada surat pengantar dari kecamatan masing-masing,” terangnya.

Dikatakan Riza, nikah massal ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Kota Palembang untuk membantu masyarakat dengan melibatkan hinggga ratusan pasang pengantin.

“Kita tergetkan 50-100 pasang, tapi minimal 50 pasang. Saat ini kemungkinah sudah ada puluhan pasang  calon pengantin yang daftar,” sebutnya.

Bagi yang ingin daftar, lanjut Riza, dapat menghubungi pihak kelurahan masing-masing. “Ke bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) di masing-masing kelurahan,” ujarnya.

Sedangkan untuk lokasi, belum diketahui, namun kalau dilihat dari tahun sebelumnya, acara rutin ini dilaksanakan di Benteng Kuto Besak (BKB).  (Ratih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here