Home Palembang Sebentar Lagi Palembang Miliki Kampung KB

Sebentar Lagi Palembang Miliki Kampung KB

435
0

PALEMBANG- Pemerintah Kota Palembang akan membentuk Kampung Keluarga Berencana (KB) di tingkat kecamatan se-Kota Palembang.

Rencananya Kampung KB ini akan dilaunching pada 16 Mei 2017 mendatang.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB), Dewi Isnaini mengatakan ada empat kecamatan yang menjadi calon lokasi launching Kampung KB, yakni Kecamatan Kalidoni, Kecamatan Sako, Kecamatan Ilir Barat I, dan Kecataman Ilir Barat II.

“Hasil rapat tadi ditetapkan lokasi launching di Tanjung Rawa Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I,” sebut Dewi Isnaini, usai Rapat Koordinasi Persiapan Perancangan Kampung KB Tingkat Kecamatan se-Kota Palembang di Ruang Rapat Paremeswara Setda Kota Palembang, Rabu (03/5/2017).

Adapun penetapan tersebut berdasarkan kriteria wilayah pembentukan Kampung KB, sebagai berikut, kumuh, pesisir/nelayan, daerah aliran sungai (DAS), bantara kreta api, kawasan miskin (termasuk miskin perkotaan), terpencil, perbatasan, kawasan industri, kawasan wisata dan tingkat kependudukan tinggi.

Sedangkan Tanjung Rawa tersebut, ekomomi sosial masyarakat masih rendah (miskin), pertisipasi KB rendah, daerah aliran suangai (DAS), dan padat penduduk.

“Daerah itu juga cocok untuk perikanan, peternakan dan pertanian, sehingga pertanian, perternakan dan pertanian bisa dikembangkan di sana,” jelas dia.

Sebab, out put dari program canangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada 14 Januari 2016 lalu, ditentukan berdasarkan beberapa indikator, yang meliputi, data dan informasi (setiap RT/RW memiliki data dan peta keluarga), KB dan kesehatan produksi, keluarga sejahtera dan pembangunan keluarga, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, kesehatan, sosial ekonomi, pendidikan, pemukiman, dan lingkungan, bidang agama, bidang kependudukan, kesehatan kelautan dan perikanan.

elain itu, Dinas PP dan KB Kota Palembang juga melayani akseptor KB, alat kontrasepsi, baik Metode KB Jangka Panjang (MKJP) atau pun non MKJP, dan ke sekolah atau kampus sosialisasi tentang perencanan masa depan atau Generasi Berencana (GenRe). “Kita bisa terjun langsung atau bekerjasama dengan Puskemas, atau Dinas Kesehatan,” ujarnya.(ratih)

 

.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here