Home Palembang Kalau Ada Lahan ,Harnojoyo Mau Bangun Mall untuk UMKM

Kalau Ada Lahan ,Harnojoyo Mau Bangun Mall untuk UMKM

133
0

PALEMBANG, Walikota Palembang Harnojoyo ingin membangun mall khusus untuk Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memberikan ruang khusus untuk mereka mempromosikan produknya.

Hanya saja, butuh lahan yang luan untuk menarik investor untuk membangun mall tersebut, terlebih lahan yang dibutuhkan tersebut perlunya hibah tanah dari pihak Pemerintah Provinsi Sumsel.

“Pemkot Palembang ini tidak punya aset tanah, yang banyak itu Pemprov. Mungkin, kalau Gubernur mau menghibahkan tanahnya di Jakabaring, mungkin kita akan bangun Mall untuk mengembangkan pelaku UMKM,” ungkap Harnojoyo, disela-sela sambutannya dalam pembukaan bimbingan teknis Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir dan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LPDB-KUMKM) yang dilaksanakan di Horison Hotel Ultima Palembang, Kamis (18/5/17).

Harnojoyo menerangkan, hari ini bekerjasama dengan Kementrian Koperasi, Pemkot Palembang dan LPDB melaksanakan bimbingan teknis terkait dengan permodalan kepada pelaku UMKM. Dimana, hal ini cukup menggembirakan pelaku Koperasi dan UMKM yang akan mengebangkan usahanya. Karena, dari kegiatan ini LPDB memberikan pinjaman dengan bunga hanya 6%

Melalui kegiatan ini, Pemkot berharap kepada usaha kecil menengah, untuk dapat berkoordinasi dengan dinas terkait, untuk sama-sama proaktif dalam mengembangkan UMKM di Kota Palembang.

“Jangan sampai pelaku UMKM menyampaikan jika mereka mau usaha tapi tidak ada modal. Karena, kita ditantang berapapun mau akan dikasih,” ulasnya.

Lebih lanjut disampaikan Harnojoyo ,pihaknya sangat konsentrasi terhadap pelaku UMKM yang ada di Kota Palembang. Dimana, dalam waktu dekat bertepatan dengan hari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) pada tanggal 21 Mei 2017 ini, akan mengucurkan pinjaman modal kredit tanpa bunga tanpa agunan.

“Kita kan ada KUR, ada LPDB dan dalam waktu dekat ada pinjaman tanpa bunga dari Pemkot, mari kita manfaatkan. Karena akan ada ribuan UMKM yang kita berikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Kota Palembang, Hardayani menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan pihaknya merupakan bentuk pembinaan dan sosialisasi terhadap pelaku UMKM dan Koperasi.

“Kami adakan pelatihan, karena sebagian Koperasi dan UKM ini kebanyakan belum mengerti atau not bangkable. Jadi kita kasih untuk ikut pelatihan ini, agar mereka mengerti,” jelasnya.

Selain itu, Dinas Koperasi akan memberikan diskusi langsung kepada seluruh pelaku UMKM melalui kantor, untuk memberikan pelatihan dan penjelasan terkait modal pinjaman, baik itu melalui LPDB maupun pinjaman tanpa agunan.

“Saat ini Koperasi binaan kita ada 1060 koperasi dan UKM ada sekitar 350.000. Untuk yang ikut sekarang 200 pelaku UMKM,” tandasnya.(why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here