Home Palembang Bersih Satu Tahun Lebih Gerakan Gotong Royong Palembang Berhasil Bersihkan 70 Sungai

Satu Tahun Lebih Gerakan Gotong Royong Palembang Berhasil Bersihkan 70 Sungai

141
0

PALEMBANGEMAS.com – Kegiatan gotong royong minggu pagi yang dimotori Walikota Palembang secara rutin mulai menunjukkan hasil yang posituf. Dimana puluhan sungai dan anak sungai di Palembang semakin hari kian bersih. Bahkan air sungai yang dulu hitam, berbau dan dipenuhi banyak sampah perlahan-lahan mulai mengalir dan meninggalkan kesan jorok.

Dimana, program gotong royong yang melibatkan kelompok masyarakat kebersihan sungai serta seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan element masyarakat Palembang ini dimulai sejak Juli 2015 lalu.

“Kalau kita hitung progam bersih-bersih ini sudah berjalan satu tahun lebih,selama satu tahun ini sudah ada 70 anak Sungai Musi yang sudah dibersihkan, ” kata Harnojoyo, Minggu (30/10/2016), disela-sela  kegiatan gotong royong kelompok masyarakat kebersihan sungai ,anak sungai saluran dan monotoring kegiatan masyarakat kebersihan , di Jalan KH Azhari RT 33,36,37,,38,41,42,46 Kelurahan Kalidoni, Kecamatan Kalidoni Palembang.

Rata-rata anak sungai yang yang telah dilakukan gotong royong, permasalahan yang ditemui dilapangan selalu sama, kalau tidak sampah, enceng gondok dan rumput liar yang menutupi permukaan air sungai.

“Semua sungai di Kota Palembang ini samah, kalau airnya sedikit pasti sampahnya yang banyak, kalau air sungainya banyak pasti enceng gondok dan ruput liar yang banyak,” ungkapnya.

Diakui Harno, sungai yang kotor diakibatkan masih rendahnya kesadaran masyarakat, akan kegunaan aliran sungai.

“Harapan kita kegiatan gotong royong ini bisa membakar kebiasaan masyarakat yang tidak peduli dengan kebersihan seperti membuang sampah disungai,” jelasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here